Upacara Bendera Hari Senin

Setiap hari senin, di setiap lembaga pendidikan di laksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mangajar (KBM) di mulai. Termasuk SDN 1 Jatibantengi Upacara sudah menjadi kegiatan rutin yang di laksanakan setiap hari senin.

Hari ini, senin (06/02/2023) SDN 1Jatibanteng melaksanakan upacara bendera kelas VI mendapat giliran menjadi petugas upacara ada beberapa orang dari peserta didik kelas VI yang terpilih menjadi petugas upacara. Mereka bertugas sebagai (1) Pembaca tata upacara bendera (2)Pemimpin upacara (3) Pembawa teks pancasila (4) Pengibar bendera (4)Pembaca UUD 1945 (5) Pembaca doa (6) dirigen (7) Pemimpin pasukan. Sementara yang belum terpilih menjadi petugas tersebut bertugas sebagai tim paduan suara.

Upacara hari senin merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Upacar bendera hari senin mempunyai manfaat yang sangat baik upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai - nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, Kepemimpinan, Kerja sama dan kekompakan, fisik dan mental, kepahlawan dan lain sebagainya.